Komunitas Adat TANGGAP DARURAT SULTENG 

Kunjungan ke Daerah Terdampak Banjir di Dolo Selatan

Lelah yang ada seakan lenyap ketika melihat mereka kembali tersenyum. Anak-anak di Desa Bangga memegang erat terpal bantuan dari AMAN dan memberikan “jempol” saat di foto oleh Tim AMAN.

Mereka tetap kuat meskipun pemukiman dan tempat bermain terendam air. Rumah yang mereka tempati selama bertahun tahun di dusun 2 Desa Bangga, hanyut terbawa arus banjir bandang pada 16 November 2018, yang lalu. Laporan dr Tim Lapangan AMAN saat mengunjungi lokasi banjir di Desa Bangga, Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.

Tim AMAN turun ke lokasi banjir di Dolo Selatan untuk melihat kondisi dan memberikan beberapa logistik serta terpal untuk warga di Desa Bangga dan Walatana. Lokasi banjir, memang menjadi perhatian beberapa lembaga yang sejak lama berada di Sigi untuk merespon bencana. AMAN sendiri juga melakukan hal yang Sama. Sejak kejadian Gempa Dan Tsunami, banyak komunitas Yang terdampak Yang memerlukan bantuan kemanusiaan.

Di Dolo Selatan AMAN menyerahkan terpal untuk sementara digunakan warga berlindung dari angin dan hujan serta panas di lokasi pengungsian. Penyerahan secara simbolis ke warga yang terdampak banjir diantara ke Desa Walatana Dusun 3 (Sibea) dan Desa Bangga Dusun 4.

Data-data mengenai dampak banjir di lokasi ini dapat dibaca di artikel lain yaitu https://sulteng.aman.or.id/2018/11/23/menelusuri-banjir-bandang-di-komunitas-adat-topoado/ .

(Informasi Foto dan narasi berasal dari AMAN App, Laporan dari Candra – Posko AMAN Pandere).

Related posts

Leave a Comment